Marketing Mix
Marketing
mix adalah suatu kesatuan alat-alat (tools) marketing yang digunakan
oleh perusahaan/organisasi untuk mencapai tujuan-tujuan marketingnya pada pasar
sasaran (target market) tertentu (Kotler, 1997, hal.92).
Unsur-unsur yang terdapat dalam Marketing Mix menurut Smith (1993) dan
Kotler (1997), adalah:
|
|
|
|
|
|
Menurut Philip Kotler, promotion mix diklasifikasikan
sebagai berikut :
1. Advertising (Periklanan)
Suatu promosi barang atau jasa yang
sifatnya non personal dilakukan oleh sponsor yang diketahui.
2. Personal selling (Penjualan
perorangan)
Penjualan perorangan yang dilakukan
oleh para wiraniaga yang mencoba dan membujuk untuk melakukan penjualan
sekaligus. biasanya dilakukan secara tatap muka dan berinteraksi langsung
dengan calon konsumennya.
3. Sales promotion (Promosi
penjualan)
Suatu kegiatan yang dimaksud untuk
membantu mendapatkan konsumen yang bersedia membeli produk atau jasa suatu
perusahaan. biaaanya disebut juga penjualan singkat, dengan memberikan bonus,
diskoun, barang barang limited edition, undian berhadiah dan sebagainya.
4. Public relation (Publisitas)
Suatu kegiatan pengiklanan secara
tidak langsung dimana produk atau jasa suatu perusahaan disebarluaskan oleh
media komunikasi. Cara ini merupakan cara termurah karena tidak menggunakan
modal yang cukup besar.
|
|
Hubungan Strategi Komunikasi dan Strategi Pemasaran, sangatlah penting karena antara kedua belah pihak saling berkepentingan satu sama lain nya, untuk mewujudkan tujuan yang akan dicapai oleh suatu perusahaan untuk mencapai profit yang diharapkan. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar